Jakarta, 14, 15, 18 Januari 2021 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RSPAD Gatot Soebroto (STIKes RSPAD) mengadakan pelatihan/ praktium Pemantauan Kesejahteraan Janin yang diikuti oleh mahasiswi prodi DIII Kebidanan STIKes RSPAD Gatot Soebroto secara offline maupun online online.

Pembukaan Praktikum Pemantauan Kesejahteraan Janin di buka oleh Ketua STIKes RSPAD Gatot Soebroto Kolonel Ckm Ns. Didin Syaefudin, S.Kp, MARS. Praktikum pemantauan kesejahteraan janin merupakan aplikasi asuhan kebidanan kehamilan. Setelah selesai praktikum ini mahasiswa dapat melakukan asuhan kebidanan pada ibu hamil, melakukan pemantauan kesejahteraan janin dengan cara sederhana dan cara modern. Bidan memiliki peranan yang penting dalam pemantauan kesejahteraan janin, karena bidan merupakan tenaga kesehatan yang selalu berada di samping pasien, terutama ibu hamil dan bersalin. Masih banyak bidan yang belum memahami tatacara melakukan pemantauan kesejahteraan janin, untuk menghindari dan mengatasi masalah tersebut maka Prodi DIII Kebidanan STIKes RSPAD Gatot Soebroto bekerja sama dengan PT Berca Niaga Medika mengadakan kegiatan praktikum pemantauan kesejahteraan janin dan diharapkan mahasiswi kompeten setelah mengikuti kegiatan ini.

Praktikum Pemantauan Kesejahteraan Janin dilakukan dengan mix method online dan offline. Materi pemantauan kesejahteraan janin diberikan secara online sedangkan praktikum terhadap pasien dilaksanakan secara offline dengan mendatangkan pasien ke lab. Dengan menggunakan pendekatan praktik lapangan di laboratorium mahasiswi diajarkan cara melakukan pemantauan kesejahteraan janin, penugasan dan diskusi. Penguasaan mahasiswa dievaluasi dengan penilaian performance kepada ibu hamil dan menginterpretasi hasil rekaman CTG serta asuhan selanjutnya